Monday 26 November 2012

Will You Marry Me Immediately???



Rata-rata, cewek ingin menikah pada usia muda, sedangkan cowok biasanya sebaliknya. Tetapi, banyak juga kenyataan yang malah berbalik. Misalnya, cewek dengan panggilan jiwa untuk berkarier, biasanya menomorduakan relationship. Sebaliknya, ada juga cowok yang menginginkan menikah di usia muda, entah dia sudah mapan ataupun memilih tetap menikah walau masih merintis. Yang pasti, umur berapapun itu, sebenarnya tidak masalah. Atau mungkin, perbedaan usia dengan pasangannya itu sendiri, itu pun tidak masalah. Masalahnya itu adalah pada pertanyaan, “Cinta atau tidak?” dan “Siap atau tidak?” yang seandainya jawaban untuk keduanya ‘ya’, maka tunggu apa lagi?

***

“Bila ada ibadah yang paling menyenangkan di dunia ini, maka ibadah tersebut adalah menikah… Bila ada ibadah yang dilaksanakan setiap waktu yang pahalanya mengalir tiada putus, maka ibadah tersebut adalah menikah…”

Seorang sahabat cowok pernah berkata padaku, “Eh emang beneran si blablabla nggak mau nikah? Yakali, orang yang nggak menikah itu hidupnya nggak akan bahagia!” Aku pun pernah membaca suatu hadist (maaf sebelumnya, sahih atau dhoif-nya hadist ini aku tidak tahu secara pasti, namun secara makna isi hadist ini memang bagus), “Sehina-hinanya mayat seseorang adalah mereka yang tidak menikah…” kurang-lebih seperti itulah isi hadistnya.

Kawan-kawan yang Muslim tentu tahu 3 jenis amal yang tidak akan terputus, kan? Amalan yang pahalanya tidak pernah putus, bahkan setelah seseorang meninggal, ada 3 macam, yaitu 1. Amal (sedekah) jariyah; 2. Ilmu (agama) yang bermanfaat; dan 3. Anak sholeh yang mendoakan orang tuanya (doa anak sholeh). Nah, untuk mendapatkan yang ke-3 itu tentu saja hanya dengan menikah, bukan?

Intinya, menyegerakan menikah itu adalah sesuatu yang baik, entah itu bagi perempuan maupun laki-laki. Kita tidak tahu jatah umur kita tinggal berapa tahun lagi. Dan seandainya menunda-nunda menikah padahal sudah mampu dan keburu dipanggil Yang Mahakuasa, nah lho, rugi dong?

No comments:

Post a Comment