Thursday 27 December 2012

OSKM ITB 2012 (Part I): Diklat Terpusat


Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) adalah acara tahunan yang dipersembahkan ITB untuk mengorientasi mahasiswa baru. OSKM tersebut merupakan event besar yang menguras waktu dan tenaga panitianya dari sejak persiapan sampai hari H. Ceritanya, aku yang baru menyelesaikan semester keduaku pun iseng ikutan diklat buat jadi panitia OSKM. Lumayan lah, buat mengisi liburan yang panjang banget, siapa tahu bakal dapet banyak pengalaman baru yang berkesan.




Perjuangan dimulai dari minggu-minggu pertama bulan Juni. Saat itu, semua peserta diklat pun mengikuti diklat terpusat. Di diklat ini materi kepanitiaan dan kemahasiswaannya diberikan secara umum. Semuanya buat aku sih asyik, dari mulai lingkar wacana dan diskusi bareng-bareng buat setiap materi, talkshow bareng orang-orang penting (presiden KM ITB dan universitas lain, mantan-mantan presiden KM ITB, dll…), olahraga dan lari pagi, orasi danlap, ngerjain tugas-tugas kelompok (wawancara dengan Pak RW, pengabdian masyarakat bikin lubang biopori di suatu kawasan, foto kelompok, makalah, dll banyak banget deh…), ngerjain tugas-tugas individu (resume harian, artikel, dll…), matrikulasi materi, dan sampai akhirnya ikutan tes akhir untuk menentukan masuk divisi mana. Oh iya, kelompok diklat terpusat aku adalah kelompok 96-Pulau Mapia. Anak-anaknya gokil-gokil dan asyik gitu deh… mau nggak mau kita sering banget ketawa-ketawa bareng karena cowok-cowoknya suka bertingkah konyol dan alay-alay, hahahaaa…!!!

Diklat terpusat yang berujung pada tes akhir pun memakan waktu sekitar tiga minggu. Puncaknya adalah diklat malam yang ternyata merupakan malam pengumuman divisi. Mereka yang jadi panitia lapangan berkumpul di lapangan basket, sedangkan yang nonlapangan di selasar GKU Timur. Malam itu cukup berkesan juga! Aku yang mau jadi panitia lapangan pun menikmati suasana malam dengan berbaris bersama di lapangan basket yang gelap banget, sambil tutup mata lama banget, dan sambil diiringi lagu-lagu perjuangan. Yaa dapet lah suasananya, merinding-merinding gitu! Selama kita semua tutup mata, kakak-kakak pendiklat ngasihin pita gitu ke tangan peserta. Lalu tibalah saat untuk membuka mata. Dan… jengjeng… aku dapet pita warna biru muda J Acara pun langsung disusul dengan orasi tiga orang danlap yang masing-masing mewakili satu divisi lapangan, yaitu Tata Tertib Kelompok alias Taplok (pita biru muda), Keamanan (pita merah), dan Medik (pita putih). Yeayyy senangnya masuk divisi yang diinginkan!

No comments:

Post a Comment